Oleh: Iyanz the Diamond Bay | 25 April 2012

Tips Menghindari Serangan Phishing


Bagi sebagian orang mendengar istilah phishing mungkin sedikit asing, tapi buat para spAcer yang aktif di dunia maya pasti hafal betul dengan istilah yang satu ini. Dikutip dari berbagai sumber, phishing itu sendiri adalah aktivitas para penjahat dunia maya yang mencoba mengambil data-data penting kita seperti user ID, password, nomor kartu kredit, nomor rekening bank, dan sebagainya.

Phishing biasanya berlangsung dengan cara mengirimkan email atau software tertentu melalui inbox email kita dan akan aktif dengan sendirinya tanpa kita sadari. Seranganphishing ini juga kerap menimpa para pengguna Facebook yang bahkan metodenya seringkali lebih canggih. Pasalnya, para penjahat dunia maya (cyber crime) ini bisa menduplikasi halaman awal Facebook yang menyebabkan kita terjebak memasukkan user ID dan password kita. Tak cuma Facebook, beberapa waktu lalu kasus phishing ini dikabarkan menimpa salah satu bank terkemuka.

Nah, mari simak beberapa tips berikut ini agar kita terhindar dari jerat phishing tersebut :

  • Untuk situs sosial media seperti Facebook, biasakan mengetik URL Facebook itu sendiri secara langsung di browser address bar (www.facebook.com). Atau kamu juga bisa membuat bookmark untuk halaman login.
  • Upayakan untuk tidak mudah percaya dengan peringatan yang spAcer baca, terutama peringatan-peringatan yang sifatnya pop-up (muncul secara tiba-tiba saat kita menjelajah internet). Jika spAcer ingin menutup pop-up tersebut tekan Ctrl+W (Windows) dan jangan meng-klik tombol “Close” (tutup) yang seringkali muncul bersamaan dengan pop-uptersebut.
  • Upayakan untuk selalu menginstall software keamanan internet dan selalu meng-update antivirus yang digunakan.
  • Perhatikan email-email yang masuk, karena jika perusahaan yang terpercaya biasanya mereka memiliki domain sendiri dan tidak mungkin menggunakan domain gratis seperti GMail, Yahoo, Ymail, dan sebagainya.
  • Tingkatkan kewaspadaan spAcer terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta. Juga waspadai email yang dikirimkan secara massal atau bahkan kosong sama sekali.
  • Jangan mengklik link pada pesan email sembarangan, terlebih jika email tersebut meminta spAcer memasukkan nama dan password.
  • Upayakan untuk tidak memasuki site-site yang kurang jelas ketika spAcer menjelejahi internet.
  • Back up data-data spAcer di dalam flashdisk atau eksternal hardisk secara berkala

 

 

Sumber : http://www.acerid.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: